PRAK 01 -MENGENAL TAHAPAN DESAIN

1. Tujuan                                  : Mengidentifikasi tahapan desain
2. Alat                                        : Computer atau laptop
3. Bahan                                  : Video IDEO Deep Dive
4. Dasar Teori                         :
·         Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu. Design thinking sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, sama halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal. “Secara garis besar, design thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi, “ungkap Vice President of Technology Product Go-jek Alamanda Shantika Santosa saat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).
·         Menurut KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah kerangka bentuk, rancangan. Sehingga pengertian dari tahapan desain adalah tingkatan dalam membuat suatu rancangan.
·         Dalam prosesnya, ada 5 langkah design thinking yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Semua ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya mengedepankan human center approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya sendiri.
5. Tugas Praktikum               : Mengidentifikasi tahapan desain
6. Petunjuk Praktikum        :
·         Melihat dan mengamati video IDEO Deep Dive
·         Menganalisa tahapan desain dalam video tersebut
·         Mendiskusikan tahapan desain dalam video tersebut
·         Membuat ppt kelompok dan laporan individu mengenai tahapan desain video tersebut
7. Hasil Praktikum                 :
·         Dalam video IDEO Deep Dive ditampilkan sebuah perusahaan desain kreatiif bernama IDEO yang mana bidang pekerjaan perusahaan tersebut adalah memodifikasi serta membuat inovasi dari barang yang sudah ada menjadi barang yang lebih efisien.
·         Dalam video tersebut memaparkan tentang modifikasi trolly belanja yang semula kurang aman, tidak efisien dan fleksibel menjadi trolly belanja yang inovatif. Terdapat tahapan dalam merancang desain trolly tersebut, pertama adalah empati. Empati ditunjukkan terhadap masyarakat pengguna trolly yang merasa kurang efisien melalui pengamatan langsung. Kemudian tim mendefinisikan mengenai kekurangan  trolly. Setelah itu, setiap anggota tim mencari ide atau rancangan guna memperbaiki serta meningkatkan efisiensi . Ide tersebut kemudian  diaplikasikan dalam bentuk asli atau nyata. Berikutnya, penguji cobaan setiap hasil rancangan yang akan disatukan menjadi produk akhir yang mencakup semua kegunaan hasil tersebut.
·          

                                                (Emphatize)
·          
·        
(Define )
·        
( Ideate )

·        
( Ideate )

·        
(prototype )
·        
(prototype )

·        
(prototype )

·        
(prototype )

·        
(Test )
8. Kesimpulan                        : 
Sebelum membuat tahapan desain kita harus memiliki sebuah desain thinking. Desain thinking dapat menunjang pembuatan sebuah produk agar lebih inovatif dan efisien. Dalam membuat sebuah desain harus melalui tahapan-tahapan terlebih dahulu, yaitu :
emphatize-> define -> ideate -> prototype -> test.
9. Referensi                            :
·         http://marketeers.com>kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/ oleh : Saviq Bachdar. Diakses tanggal 8 September 2017.
·         http://kbbi.web.id/tahap oleh : Ebta Setiawan. Diakses tanggal 8 September 2017 .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 9 - Membuat Animasi dari Video Referensi

Animasi "Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead and Pose to Pose, Staging"

Praktikum 10 - Membuat Animasi dari Video Part II