PRAK 03 - Membuat Animasi 3D Logo PENS

PRAK 03 - Membuat Animasi 3D Logo PENS



1. Tujuan
    Mahasiswa dapat membuat animasi logo 3D


2. Alat dan Bahan
   PC/Mac
   Adobe After Effect
   Cinema 4D


3. Dasar Teori
Animasi berasal dari kata “to animate” yang artinya membuat seolah-olah hidup dan bergerak. Pengertian animasi adalah film yang berasal dari gambargambar yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah gambar bergerak dan bercerita. Secara umum, animasi dibagi menjadi dua yaitu animasi 2D (dua dimensi) dan animasi 3D (tiga dimensi). 


       Animasi 3 dimensi (3D) adalah teknik pembuatan animasi pada sebuah bidang yang menggunakan 3 sumbu X,Y, dan Z sebagai sumbu kedalaman. Objek yang dihasilkan bisa diputar berdasarkan ke 3 sumbernya. Umumnya animasi 3D dikerjakan di dalam computer yakni sudah berupa data digital, walaupun untuk memodelling (membuat model karakter dalam animasi 3D) masih diperlukan gambar skestsa manual sebagai acuan Dalam aniamsi 3D, khusus untuk modelling karakter dibuat dalam satuan vertex, kemudian ditempel atau dibalut dengan tekstur sehingga penonton dapat melihat dengan jelas modelling karakter terbuat dari bahan apa, missal texture kulit, wajah, kain, bulu, rambut, manik-manik dsb. Agar modelling ini dapar bergerak, kita harus memberikan rigging, sehingga modelling tersebut bisa bergerak seperti layaknya manusia. Agar terlihat lebih ekspresif pada bagian wajah, kita membuat facial expression dan lip sync. 

4. Petunjuk Praktikum
NB: yang wajib hanya Prak 06


5. Tugas Praktikum
    Membuat animasi logo PENS


6. Hasil Praktikum

7. Kesimpulan
Dalam proses pembelajaran animasi logo 3D diberikan tugas untuk membuat ulang logo brand yang sudah ada agar sebelum bisa menciptakan logo sendiri mahasiswa mampu menerapkan prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

8. Referensi
https://docs.google.com/document/d/1eV6Qx57xJA9r_LW0hgG0xaSJZxXPPWj730XT6WWp9VY/edit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 9 - Membuat Animasi dari Video Referensi

Animasi "Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead and Pose to Pose, Staging"

Praktikum 10 - Membuat Animasi dari Video Part II