PRAK 06 - Membuat Animasi 3D Logo Komunitas ADAW di Jurusan MMB

1. Tujuan
Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB
2. Alat
  • Maxon Cinema 4D
  • Adobe After Effects
3. Bahan
  • Logo komunitas Animasi di MMB

4. Dasar Teori
Animasi 3D adalah animasi yang berwujud 3 dimensi. Meskipun bukan dalam wujud 3D yang sebenarnya, yaitu bukan sebuah objek 3D yang dapat disentuh dan dirasakan wujud fisiknya, namun dalam wujud 3D dalam layar kaca. Tidak seperti animasi 2D yang hanya memiliki kedua dimensi panjang (X) dan lebar (Y), animasi 3D selain memiliki kedua dimensi tersebut juga memiliki dimensi kedalaman (Z). Animasi 2D bersifat datar atau flat, sedangkan animasi 3D memiliki kedalaman bentuk atau volume. Animasi 3D dapat di definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Tahapan animasi 3D secara keseluruhan dikerjakan dengan media komputer, mulai dari tahap modelling, texturing, rigging, animating, lighting, sampai rendering. Keunggulan utama dari animasi 3D adalah visualisasi objek yang tampak lebih nyata dan mendekati bentuk aslinya. Keunggulan lain adalah kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi adegan yang sulit, yang tidak mungkin, atau bahkan yang tampaknya mustahil.


    Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
Modeling
    Dalam tahapan pertama ini, terdapat dua hal yang mendasar untuk pembuatannya yaitu model solid untuk merincikan volume objek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering dipakai untuk simulasi medis seperti CAD, kontruksi geometri solid dan sebagainya. Selanjutnya Shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan seperti batas objek. Untuk prosesnya lebih mudah dikerjakan karena lebih sering digunakan dalam game atau film.

Fungsi Secondary Asset
Seconary asset adalah salah satu asset yang akan kita gunakan pada praktikum kali ini, yang mana berperan sebagai object baru dalam animasi kali ini tapi bukan merupakan object utama.
Fungsi F-Curves
F-Curves merupakan tool yang kita gunakan pada praktikum kali ini. F-Curves berguna sebagai tool yang bisa memperhalus gerakan, yang caranya adalah mengatur gerak cepat lambat dari suatu object.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB.
6. Petunjuk Praktikum
  • Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
  • Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  • Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
  • Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
  • Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 06 dan laporan prak 07.
  • Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  • Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim
7. Hasil Praktikum

Progress Record

8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini kita diberi tugas untuk membuat desain logo 3D animasi dengan menggunakan aplikasi secara bebas, namun konsep nya tetap sama yakni desain logo 3D animasi.Untuk tugas ini saya mengunakan Cinema 4D.
9. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 9 - Membuat Animasi dari Video Referensi

Animasi "Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead and Pose to Pose, Staging"

Praktikum 10 - Membuat Animasi dari Video Part II