Praktikum 11 - Test Drive menggunakan Motion Capture


1. Tujuan
Mahasiswa mampu membuat animasi 3D menggunakan motion capture system.

2. Alat
OptiTrack dan Motive Body

3. Bahan
Gambar atau foto kegiatan

4. Dasar Teori
Motion capturemotion tracking, atau mocap adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan pengartian gerakan tersebut menjadi model digital. Ini digunakan di militer, hiburan, olahraga, aplikasi medis, dan untuk calidasi cisi computer dan robot. Di dalam pembuatan film, mocap berarti merekam aksi dari actor manusia dan menggunakan informasi tersebut untuk menganimasi karakter digital ke model animasi computer dua dimensi atau tiga dimensi. Ketika itu termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan ini biasa dikatakan sebagai performance capture.
Dalam sesi motion capture, gerakan-gerakan dari satu atau lebih aktor diambil sampelnya berkali-kali per detik, meskipun dengan teknik-teknik kebanyakan( perkembangan terbaru dari Weta menggunakan gambar untuk motion capture dua dimensi dan proyek menjadi tiga dimensi), motion capture hanya merekam gerakan-gerakan dari aktor, bukan merekam penampilan visualnya. Data animasi ini dipetakan menjadi model tiga dimensi agar model tersebut menunjukkan aksi yang sama seperti aktor. Ini bisa dibandingkan dengan teknik yang lebih tua yaitu rotoscope, seperti film animasi The Lord of the Rings, dimana penampilan visual dari gerakan seorang aktor difilmkan, lalu film itu digunakan sebagai gerakan frame-per-frame dari karakter animasi yang digambar tangan.
Gerakan kamera juga dapat di-motion capture sehingga kamera virtual dalam sebuah skema dapat berjalan, miring, atau dikerek mengelilingi panggung dikendalikan oleh operator kamera ketika aktor sedang melakukan pertunjukan, dan sistem motion capture bisa mendapatkan kamera dan properti sebaik pertunjukan dari aktor tersebut. Hal ini membuat karakter komputer, gambar, dan set memiliki perspektif yang sama dengan gambar video dari kamera. Sebuah komputer memproses data dan tampilan dari gerakan aktor, memberikan posisi kamera yang diinginkan dalam terminology objek dalam set. Secara surut mendapatkan data gerakan kamera dari tampilan yang diambil biasa diketahui sebagai match moving atau camera tracking.

5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi menggunakan motion capture system.

6. Petunjuk Praktikum
1. Gunakan OptiTrack untuk membuat animasi
2. Kerjakan secara individu atau kelompok
3. Tuliskan hasil mencoba dalam laporan praktikum

7. Hasil Praktikum

1. Pertama melakukan kalibrasi kepada 16 kamera yang akan digunakan untuk melakukan motion capture. Hingga warna pada masing-masing lampu berubah warna.

2. Alat yang digunakan untuk mengkalibrasi menggunakan alat yang seperti huruf T dengan ditempeli beberapa marker putih bulat kecil di sebagian sisinya, selain itu juga menggunakan alat yang berbentuk untuk mengkalibrasi axis.
      
3. Model yang akan direkam motion-nya dipakaikan baju ketat khusus agar bisa ditempeli beberapa marker putih bulat kecil. Diusahakan agar tidak ada lipatan pada baju yang digunakan model.

4. Menancapkan marker putih pada baju khusus pada posisi dan jumlah yang telah ditentukan. 

5. Tampilan motion yang ditangkap oleh 16 kamera.



8. Kesimpulan
Praktikum kali ini membutuhkan persiapan yang cukup lama. Selain proses kalibrasi nya yang memakan waktu lama, proses pemakaian kostum nya pun memerlukan waktu yang lama. Dalam proses trackingnya tidak terdapat kesulitan yang berarti sehingga kami dapat melakukan percobaan dengan lancar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 9 - Membuat Animasi dari Video Referensi

Animasi "Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead and Pose to Pose, Staging"

Praktikum 10 - Membuat Animasi dari Video Part II