Prak 08 - Video Referensi

1. Tujuan
Mahasiswa mampu mengumpulkan beberapa video animasi untuk digunakan sebagai referensi visual.

2. Alat

  1. Browser : Chrome
  2. Search Engine : Youtube

3. Bahan

Video Referensi
  1. https://www.youtube.com/watch?v=GpY9CWNT_xU
  2. https://www.youtube.com/watch?v=Cn3uC0gOa8s
  3. https://www.youtube.com/watch?v=qXks6d5JT2o&t=432s

4. Dasar Teori

Animasi 3D adalah animasi yang berwujud 3 dimensi. Meskipun bukan dalam wujud 3D yang sebenarnya, yaitu bukan sebuah objek 3D yang dapat disentuh dan dirasakan wujud fisiknya, namun dalam wujud 3D dalam layar kaca. Tidak seperti animasi 2D yang hanya memiliki kedua dimensi panjang (X) dan lebar (Y), animasi 3D selain memiliki kedua dimensi tersebut juga memiliki dimensi kedalaman (Z). Animasi 2D bersifat datar atau flat, sedangkan animasi 3D memiliki kedalaman bentuk atau volume. Animasi 3D dapat di definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Tahapan animasi 3D secara keseluruhan dikerjakan dengan media komputer, mulai dari tahap modelling, texturing, rigging, animating, lighting, sampai rendering. Keunggulan utama dari animasi 3D adalah visualisasi objek yang tampak lebih nyata dan mendekati bentuk aslinya. Keunggulan lain adalah kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi adegan yang sulit, yang tidak mungkin, atau bahkan yang tampaknya mustahil.

    Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
5. Tugas Praktikum
Kumpulkan beberapa video referensi animasi logo yang dirasa tepat untuk komunitas di MMB. Dengan beberapa kriteria berikut:
  1. jumlahnya minimal 3
  2. dibuat oleh artis dibidangnya akan lebih baik

6. Petunjuk Praktikum

  1. kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB
  2. laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum
  3. laporan praktikum dikerjakan secara individu. berisi hasil diskusi dan review oleh seluruh anggota tim baik terhadap video yang menjadi pilihan maupun tidak dipilih.

7. Hasil Praktikum

- hasil diskusi
Dari ketiga video referensi diatas kami lebih memilih video yang ketiga yaitu video tutorial pembuatan logo Pixar. Video yang pertama yaitu WarnerBros Logo Tutorial dan Video yang kedua yaitu Logo Marvel Studio. Kami lebih memilih Video ketiga dikarenakan logo komunitas kami lebih sesuai karena berbentuk text. Selain itu kami juga mempertimbangkan tingkat kesanggupan kami.
Kami tidak menggunakan video yang pertama karena video yang pertama terlalu simple dan akan kurang menarik apabila digunakan dalam logo kami. Selain itu logo yang digunakan bukan logo text dan memungkinkan ketidakcocokan apabila diterapkan di logo kami.
Untuk video yang kedua, kami tidak memilihnya meskipun logo marvel studio tersebut berbentuk text karena tingkat kesulitannya dan kami merasa logo kami kurang sesuai apabila dibuat sedemikian rupa.

8. Kesimpulan

Dalam praktikum kali ini video referensi akan mempermudah kami untuk pembuatan logo komunitas yang telah kami buat di praktikum sebelumnya. Hal ini juga membuat kami dapat mengexplore lebih tentang pembuatan atau tutorial pembuatan logo brand maupun logo yang sering kita jumpai baik dalam negri maupun diluar negri.

9. Referensi

youtube

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 9 - Membuat Animasi dari Video Referensi

Animasi "Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead and Pose to Pose, Staging"

Praktikum 10 - Membuat Animasi dari Video Part II