PRAK 13-RANCANGAN JUDUL TA VS JUDUL TA SEJENIS

1. Tujuan
Mencari judul Tugas Akhir yang selinear dengan judul rancangan Tugas Akhir yang dipilih

2. Alat
Computer /Laptop

3. Bahan
Laporan Tugas Akhir



4.     Dasar Teori

DESIGN THINKING
Design Thinking mengkolaborasikan proses-proses sistematis yang berpusat pada manusia sebagaipenggunanya melalui proses terencana sehingga menghasilkan perubahan perilaku dan kondisi yangsesuai harapan. Terdapat empat pilas dalam Design Thinking, yakni pilar keseimbangan, kerangkaberpikir, penggunaan alat/toolkits dan pola pendekatan (Glinski,2012).Design thinking adalah sebuah metode berfikir yang mengadopsi cara seorang designer memikirkan danmengerjakan proses kreatifnya dalam mengerjakan sesuatu. Perbedaan yang menonjol dari prosesberfikirnya seorang designer dibanding proses berfikir pada umunya adalah bahwa dalam proseskreatifnya, designer tidak memulai pemikirannya dengan pendekatan permasalahanya apa (problem -centered approach) melainkan memulai proses kreatifnya melalui empathy terhadap kebutuhanmanusia. Design thinking tidak mengajarkan mencari akar permasalahan dan menemukan solusinya,namun secara unik designer dengan empathinya akan mencari kebutuhan mendasar manusia dan samasekali tidak perlu tahu permasalahannya . Oleh karena itu dalam design thinking seorang pemikir designakan merumuskan kendala yang akan dihadapi dalam proses kreatif dan inovatifnya secara lebih hatihati. Pemilihan kata dalam merumuskan kendala awal proses kreatif sangat penting agar tidak terjebak pada pemikiran negative. Kalimat “ bagaimana cara memindahkan orang dengan lebih nyaman” akanlebih bagus jadi pilihan dari pada mengatakan “mobil initernyata terlalu keras sehingga penumpang
tidak nyaman berkendara”.
 Dengan begitu jelas bahwa design thinking tidak terfokus pada permasalahan, tapi mengarahkansegenap kemampuan pada upaya mencari solusi agar kehidupan manusia lebih baik, selain itu designthinking juga tidak meributkan bagaimana mencari solusi atas sebuah masalah, tapi mengutamakantindakan nyata yang cepat untuk mendapatkan solusi bagaimana membuat sejahtera kehidupanmanusia. Dalam bekerja pemikir design bukan saja melibatkan pemikiran tapi juga analisa dan bahkankhayalan untuk mencapai tujuannya.Design thinking tidak terfokus pada permasalaham dan kelemahan. Proses manajerial yang didasarkanpada design thinking ini akan terlihat lebih fleksibel gerak langkahnya. Fleksibilitas berfikir design inidisebabkan karakter karakter positif yang menyertai gaya manajerial baru ini seperti pandangan yanglebih obyektif, ketelitian dalam detail, kemampuannya menampung pertanyaan yang palingmenggelikan sekalipun, keluasannya dalam menjembatani ide paling konyol sekalipun, keberanian ambilresiko dan kesempatan yang luas akan munculnya ide-ide baru yang brilian. Semua hal ini bisa munculpada pemikiran design karena gaya pemikiran ini tidak terfokus pada masalah tapi terfokus pada upayamencari cara mensejahterakan manusia. Jadi pemikiran pemikiran positiflah yang mendominasiprosesnya dan bukan ketakutan seperti saat pikiran terpusat pada permasalahan

Dalam prosesnya, ada 5 langkah design thinking yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Dengan empathize berisi latar belakang pembuatan produk. Define berisi rumusan masalah, lalu siapa yang membutuhkan, apa yang dibutuhkan, dan mengapa membutuhkan produk tersebut. Ideate berisi ide dari suatu permasalahan. Prototype merupakan bentuk nyata, mekanisme produksi dari produk yang dibuat. Test adalah uji produk kepada responden dengan tujuan mendapat penilaian dari responden mengenai produk yang dibuat. Semua ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya mengedepankan human center approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya sendiri.

TUGAS AKHIR
Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.


5. Petunjuk Praktikum
a. Kerjakan berkelompok
b. Dikerjakan di jam teori dan praktikum
c. Menyiapkan PPT untuk presentasi dikelas teori
d. Setiap sesi praktikum, ditutup dengan laporan praktikum

6. Tugas Praktikum
Mencari dan menganalisa Tugas Akhir yang selinear dengan usulan judul kelompok

7. Hasil Praktikum
Terdapat 3 Laporan Tugas Akhir yang dapat dikaitkan dengan usulan judul kelompok, yakni :

  • APLIKASI PEMBELAJARAN ADAT JAWA TIMUR BERBASIS WEB INTERAKTIF MENGGUNAKAN HTML 5 (USER INTERAKTIF DESIGN) - 2012

  • PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D TENTANG SAJARAH AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC - 2012

  • MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN TATA SURYA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR  (CHARACTER MODELLING, TEXTURING, ANIMATING) - 2012
                                                                    
  • PEMBUATAN VIDEO PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK BALITA DENGAN TEKNIK ANIMASI STOPMOTION - 2012
                                                                 
8. Kesimpulan    :
         Berdasarkan analisa kelompok, dapat disimpulkan bahwa keempat judul Tugas Akhir diatas memiliki kesamaan dengan judul Tugas Akhir yang dibuat. Adapun keempat judul tersebut merupakan jenis aplikasi dan video animasi yang selinear dengan judul TA yang diusulkan.

9.  Referensi  :

  • APLIKASI PEMBELAJARAN ADAT JAWA TIMUR BERBASIS WEB INTERAKTIF MENGGUNAKAN HTML 5 (USER INTERAKTIF DESIGN) - 2012
  • PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D TENTANG SAJARAH AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC - 2012
  • MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGENALAN TATA SURYA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR  (CHARACTER MODELLING, TEXTURING, ANIMATING) - 2012
  • PEMBUATAN VIDEO PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK BALITA DENGAN TEKNIK ANIMASI STOPMOTION - 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum 9 - Membuat Animasi dari Video Referensi

Animasi "Follow Through and Overlapping Action, Straight Ahead and Pose to Pose, Staging"

Praktikum 10 - Membuat Animasi dari Video Part II